Apa Penyebab Kidal ?

Posted by Ichi Hikaru in ,

Apa Penyebab Kidal ? Beberapa waktu lalu saya sempat melihat ada orang yang membahas mengenai masalah kidal atau kebiasaan atau kecenderungan untuk menggunakan tubuh bagian kiri . Memang jumlah orang penyandang kidal tidaklah sebanyak orang yang menulis dengan tangan kanannya , menurut data yang ada menunjukan perbandingan left handed dan right handed adalah 1:10 . Dari situlah kemudian muncul pertanyaan "Kenapa orang bisa menjadi Kidal?" .

Sejumlah pakar berpendapat, kidal dipengaruhi oleh faktor genetika atau keturunan, tetapi sebuah studi anyar menyanggahnya. Studi yang dipublikasi dalam jurnal Heredity  menemukan, faktor genetika tidak memiliki peran utama dalam menentukan seseorang menjadi kidal atau tidak.

Populasi orang kidal di dunia mencapai hingga 10 persen , namun hingga saat ini belum ada kepastian tentang penyebab orang menjadi kidal .

Salah seorang panyandang kidal mengatakan bahwa kidal adalah bawan lahir dan itu bukan karena pemilihan dan pola pembelajaran . Namun saya pernah juga menemukan orang yang kidal dalam aktifitas tertentu karena proses pembelajaran yang terbalik .

Namun hingga kini setelah dilakukan penelitian terhadap 400 anak kembar di inggris pun penelitian mengenai kidal dan tidaknya seseorang belum menemui titik terang tentang apa penyebab kidal ini .

Dan mungkin memang harus ada penelitian yang mendalam mengenai masalah ini .

Menurut penyandang kidal , sebenarnya kidal atau tidak itu tidak menjadi masalah karena Kidal bukanlah penyakit ataupunkelainan , melainkan itu hanyalah versi yang berbeda dari kebanyakan orang . Mungkin itu .

Dan menurut pengakuan salah seorang penyandang kidal juga , mengatakan bahwa hal ini menyangkut kenyamanan dan system otak . Orang kidal bisa saja beralih menjadi seperti pada umumnya karena pengaruh lingkungan . Di jawa sangat ditekankan untuk selalu menggunakan tangan kanan untuk melakukan aktifitas seperti makan dan mengambil barang , dari situ kemudian para penyandang kidal harus membiasakan diri untuk menggunakan tangan kanannya . Namun dalam suasana tertentu mereka kembali menggunakan tangan kirinya untuk melakukan aktifitas secara dominan .

Kidal itu bukan penyakit dan bukan kelangkaan , karena 10% dari total populasi dunia itu cukup banyak . Namun tetap saja karena perbandingannya adalah 90% , penyandang kidal dianggap tidak normal dan perlu dilakukan penelitian untuk mengetahui apa penyebab dibaliknya .

Mungkin kita harus menunggu para peneliti menyelesaikan penelitian dan mengumumkan hasilnya .

0 comments:

Banner2

Banner2

Banner3

Banner3

Banner4

Banner4

Special offer

Banner Slot


Gratis pemasangan 1 bulan.
Dapatkan sekarang !


Promo !


details

Contact us

We would be happy to hear from you!

Aldo Vertigo
Jawa Tengah
Indonesia

Contact us